Apa itu yang dimaksud dengan google
adsense? Mungkin Anda pernah bahkan sering melihat tulisan bahwa kita
bisa mendapat uang menggunakan google adsense. Bagi Anda yang belum
tahu, google adsense (selanjutnya disebut: adsense) adalah sebuah bagian
dari google
dimana sebuah blog menampilkan iklan-iklan yang dipasang orang pada
google, kemudian sistem dari google memungkinkan iklan tersebut tampil
di blog yang dipasangi sistem google tersebut, nah tiap iklan yang di klik akan menghasilkan sejumlah uang bagi pemilik blog tempat iklan itu terpajang, hal ini lazim juga disebut dengan sistem Pay per Click.
Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units
Yang
dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units
terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis
iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika
sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai
CPC-nya.
Link Units
Link
Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan
format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan
Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan
ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search
engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila
pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut.
Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak
dibandingkan Ad Units biasa.
AdSense for Content
AdSense
for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman.
Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi
halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad
Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada
AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain
bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah
habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu
sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah
iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public
Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak
menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google
memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.
Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads,
maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah
iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
Channels
Channels
adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units,
AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih
dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih
dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan
akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels
akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense
mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada
unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah
saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan
di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels
yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
Page Impressions
Page
Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang
mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh
oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks
adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan
AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun
berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR
adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu
Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad
Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25%
(10:40).
CPC (Cost Per Click)
CPC
adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units
tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan
ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs
milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah
20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM
atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah
pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia
dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang
menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM
sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar